Memulai usaha bisa jadi salah satu cara untuk mendapat tambahan penghasilan. Salah satunya adalah usaha jual beli handphone bekas. Handphone bekas nyatanya memiliki peminat yang tak kalah dari HP baru sehingga usaha di bidang ini akan tetap mendatangkan keuntungan. Salah satu faktornya adalah karena pemilik HP kerapkali akan mengganti perangkat yang dimilikinya dengan varian baru yang dirilis. Vendor ponsel memang akan terus mengeluarkan varian dan seri terbaru secara berkala sepanjang tahun. Mengikuti tren HP yang baru rilis ini membuat HP lama dijual demi membeli HP baru. Tidak heran apabila HP yang baru digunakan beberapa bulan dijual dalam keadaan masih bagus, nyaris tanpa kerusakan. Jika kita memilih untuk menjual HP yang keadaannya masih seperti baru ini, maka bukan tidak mungkin keuntungan yang didapat akan tinggi. Selain itu, faktor yang membuat HP bekas diminati ialah harga beli yang lebih rendah dari HP baru. Terutama bagi mereka yang ingin memiliki HP cadangan atau HP kedua, biasanya HP bekas akan dijadikan pilihan.

solo.tribunnews.com

 

Tips dan Trik Usaha Jual Beli Handphone Bekas

Walau usaha ini terbilang menguntungkan, namun kita harus tetap tahu apa saja tips dan trik dalam memulai usaha jual beli handphone bekas. Mulailah usaha ini dengan mengenali seluk beluk HP yang dijual. Kita harus paham kondisi HP bekas yang hendak dijual tersebut. Perhatikan apakah ada kerusakan, terutama bagian-bagian penting seperti layar, speaker, baterai dan casingnya. Perhatikan pula kelengkapan HP dalam paket pembelian seperti dus box, charger hingga headsetnya. HP bekas yang masih lengkap dan kondisinya bagus tentu akan memiliki harga lebih tinggi dibanding HP yang sudah memiliki kerusakan. Jujurlah pada pembeli dan katakan sejelasnya terkait kondisi HP tersebut. Hindari berbohong pada pembeli dengan mengatakan bahwa HP rusak yang dijual adalah HP bagus. Kejujuran sangat penting dalam usaha ini agar pembeli bisa mempercayai kita. Apabila kondisi HP masih bagus, maka kita bisa bernegosiasi agar harga jual bisa tetap tinggi. Jangan juga menjual HP bekas dengan harga terlalu tinggi. Seperti kita tahu, harga pasaran HP bekas tentunya akan jauh di bawah HP baru. Menjual dengan harga terlalu mahal akan membuat pembeli kapok.

 

Usaha Jual Beli Handphone dan Pulsa

Selain menjual handphone, di tempat yang sama kita juga bisa turut menjual pulsa. Pilih distributor pulsa murah agar keuntungan yang didapat bisa semakin tinggi. Usaha jual beli handphone bekas sekaligus pulsa elektrik ini akan menghasilkan keuntungan ganda. Apalagi, usaha jual beli HP bekas termasuk dalam usaha yang modalnya kecil. Tidak perlu biaya besar seperti ketika hendak memulai jual beli HP baru. Sama halnya seperti usaha berjualan pulsa yang juga bisa dimulai dengan modal terbatas. Inilah salah satu faktor yang membuat jual beli HP bekas banyak diminati terutama oleh mereka yang membutuhkan usaha sampingan. Kini jualan HP bekas juga bisa dilakukan secara online. Kita dapat memanfaatkan marketplace online untuk menjual barang dagangan. Satu hal yang patut diwaspadai dari penjualan online ini adalah ketika kita memutuskan untuk melakukan COD alias ketemuan dengan pembeli. Usahakan untuk tidak melakukan COD seorang diri melainkan ditemani oleh kerabat atau teman dekat, mengingat kerap terjadi penipuan saat pembeli dan penjual melakukan COD. Dengan menerapkan aneka tips di atas, jual beli HP bekas akan jadi usaha yang menguntungkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *