Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan gudeg ataupun kerajinan peraknya. Yogyakarta juga terkenal dengan banyaknya pengrajin tas kulit jogja yang ada di Manding., tepatnya di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Manding, Sabdodadi, Bantul, kira-kira 15 km dari pusat kota Jogja. Kawasan ini terkelan sebagai sentra industri kulit, tempat untuk mencari souvenir kulit sejak tahun 1957. Apabila anda berniat menuju ke Pantai Parangtritis, tidak ada salahnya untuk mampir ke Manding karena letaknya hanya berada di persimpangan Jalan Parangtriris km 11. Jika anda bersama rombongan, anda bisa mendapatkan pengalaman untuk menyaksikan proses pembuatan produk dari kulit secara langsung. Jika ingin menyaksikan proses pembuatannya, setidaknya anda harus membuat janji dengan salah satu pengrajin disana atau menggunakan jasa travel. Tidak hanya tas kulit, Manding juga memiliki banyak pengrajin kulit yang membuat dompet, sepatu, sandal dan bahkan jaket.

Harga Kerajinan Dari Pengrajin Tas Kulit Jogja

Setidaknya ada 42 tempat produksi dan 48 showroom kerajinan kulit yang ada di Manding. Sangat banyak bukan. Anda dapat menemukan berbagai macam kerajinan kulit sepanjang jalan di desa Manding. Harga yang ditawarkan beraneka ragam tergantung dari barang yang dijual, seperti sepatu misalnya. Harga sepatu mulai dari 70 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah, sedangkan tas yang dibuat olehpengrajin tas kulit jogja mulai dari 100 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah. Tidak terlalu mahal bukan, oleh sebab itu anda tidak perlu khawatir jika tidak mampu membeli barang-barang kerajinan kulit yang terkenal di Yogyakarta. Yogyakarta sebagai daerah yang terkenal dengan harga barang dan makanna yang murah memang sudah terbukti, harga kerajinan kulit di Manding adalah salah satu contohnya.

Jenis Kulit Yang Digunakan Pengrajin Tas Kulit Jogja

Ada banyak jenis kulit hewan yang dapat digunakan untuk mebuat kerajinan kulit. Pengrajin tas kulit jogja biasanya menggunakan kulti sapi karena kulit sapi lebih mudah untuk didapatkan. Namun sebenarnya ada banyak sekal jenis kulit hewan yang dapat dijadikan produk. Berikut adalah contohnya.

  1. Kulit sapi

Kulit yang paling sering digunakan untuk kerajinan karena sangat mudah untuk didapatkan. Selain itu kulit sapi juga tahan terhadap air dan debu sehingga mudah untuk dirawat. Kulit sapi yang tebal membuat nya tidak mudah terkena goresan dan menjadikannya awet untuk digunakan.

  1. Kulit domba

Kulitnya sangat halus, lembut dan nyaman bila digunakan. Selain itu kulit domba dapat menyerap air dengan baik, walaupun kulit domba tidak begitu kuat apabila dibandingkan dengan kulit sapi. Biasanya kulit domba hanya digunakan untuk membuat rompi ataupun jaket fashion (bukan jaket untuk berkendara).

  1. Kulit buaya

Kulit buaya cukup mahal, yang belum diolah ataupun yang sudah dibuat dalam bentuk kerajinan. Karena kulit buaya sangat tebal dan juga tahan lama, awet hingga bertahun-tahun. Yang membuatnya mahal adalah proses pengolahannya yang sulit dan lama. Karena itu barang yang dibuat dari kulit buaya akan menampilkan kesan mewah. Barang yang biasa dibuat dari kulit buaya adalah dompet, sepatu, ikat pinggan dan juga tas tangan.

  1. Kulit ular

Kulit ular halus, lembut dan tipis. Yang membuatnya unik adalah tekstur dan motif dari kulit ular itu sendiri. Karena motif dari kulit ular yang berbeda-beda, kulit ular banyak digunakan untuk membuat tas tangan, dompet dan sepatu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *