Untuk pengertian housekeeping pada umumnya adalah bagian yang ada di hotel dan menangani semua hal yang berhubungan dengan kelengkapan, kebersihan, keindahan di area hotel supaya nanti tamunya selalu mendapatkan kenyamanan dan keamanan selama masa menginap di hotel. Sedangkan untuk housekeeper merupakan orang yang memiliki tugas untuk merawat, menjaga dan memelihara semua yang ada di area hotel.

Peran Dari Pengertian Housekeeping

Jika melihat dari pengertian housekeeping, maka memiliki peran penting dalam sisi kepengurusan di hotel. Biasanya housekeeping sendiri menjadi satu dengan front office. Namun jika dilihat dari tugasnya sendiri housekeeping itu memiliki tanggung jawab betul dari semua area yang ada di hotel baik yang ada di luar mulai dari parkiran, kolam renang. Taman, kebun, lapamgan tenis maupun gedung hotelnya. Mulai dari ruangan yang sudah disewa seperti baber shop, meeting room, bank dan kamar-kamar serta masih banyak yang lainnya. Sehingga sudah bisa dipastikan bahwa house keeping itu mempunytai tanggung jawab penuh mulai dari keindahan, kebersihan, kerapian dan kenyamanan yang ada di area kampus. Selain itu mereka juga menyediakan sarana yang dibutuhkan tamu selama masa menginap di hotel. Housekeeping sendiri haru menerapkan sistem pelayanan memuaskan bagi konsumennya.

Mengenal Pengertian Housekeeping Beserta Ruang Lingkupnya

Sesuai dengan hasil riset yang sudah diteliti bahwa housekeeping itu memiliki peran besar sebagai sumber dari pendapat menyewa kamar. Sehingga housekeeping sendiri perlu untuk menciptakan penyiapan, pemeliharaan, kelancaran, keberishan dan mencitakan keindahan yang ada dalam hotel. Untuk seluruhnya saja yang menjadi petugas housekeeping perlu tahu tentang ruang lingkup dan batasan yang wajib dilakukan nantinya. Untuk ruang lingkup dari housekeeping sendiri adalah:

  • Lobby atau gang
  • Ruang tamu
  • Ruang kantor
  • Ruang kenferensi
  • Restaurant
  • Kebun baik yang ada di dalam maupun di luar
  • Toilet karyawan
  • Toilet tamu
  • Lapangan parkir
  • Kolam renang
  • Kamar
  • Dan masih banyak yang lainnya.

Runag lingkup yang sudah disebutkan itu merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh house keeping. Sehingga diwajibkan unrtuk dapat menumbuhkan sisi performa kinerja yang profesional dan mencegah adanya tumpang tindih di bagian yang ada dalam ruang lingkup tersebut atau masalah dari luar. Contohnya saja ketika ada yang kotor, kerusakan perabitan pada bagia kamar tamu, barang pihak tamu ketinggalan dan pelayanan untuk minuman dan makanan di setiap kamat. Semua ruang lingkup itu tidak mampu dilaksanakan oleh yang lainnya. sehingga sudah dipastikan bahwa ruang lingkup melakukan klegiatan ini penting untuk menciptakan sisi lancar dalam bekerjanya.

Itulah pengertian housekeeping dan ruang lingkup yang harus diperhatikan betul terutama masalah ketika nanti sudah menjadi bagian dari housekeeping tersebut. Sebab bertangung jawab penuh untuk kelancaran semua pelayanan hotel sepenuhnya. Biasanya untuk housekeeping sendiri menggunakan seragam hotel sebagai salah satu identitas agar nanti pihak tamu lebih mudah menemukan pihak perhotelan jika nanti ada suatu hal yang penting. Semua kegiatan yang dilakukan oleh mereka dijamin selalu mengedepankan komitmen selama nanti bisa melakukan kerja sama antar satu dengan yang lainnya. ini pentin sekali agar nanti bisa menuntaskan semua kegiatan yang sudah ada dan memberikan satu inspirasi untuk memunculkan ide cemerlang demi kemajuan dan kejayaan dari hotel yang dikelola. Apabila hal ini terjadi peran housekeeping untuk mensukseskan hotel pasti terwujud.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *